Masukkan kata kunci pencarian pada kotak pencarian di atas, kemudian tekan Enter. Atau tekan Esc untuk keluar.

 

.:: COMING SOON ::.

 

6 Kuliner Khas Belitung Timur yang Patut Dicoba

Main ke kampung Ahok di Belitung Timur, Anda bisa cicip aneka sajian enak. Seperti sup ikan berkuah asam hingga mie bertopping lengkap.

Belitung Timur, tepatnya Manggar adalah tanah kelahiran Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Di sana ada banyak kuliner enak yang patut dicoba. Seperti 6 sajian yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1. Gangan Ikan
Panganan berbahan ikan mudah ditemui di Belitung Timur, termasuk gangan yang populer. Gangan ikan merupakan sup ikan berkuah kuning dengan cita rasa asam segar karena penambahan irisan nanas muda.

Bumbu lainnya berupa kunyit, bawang, cabai dan lengkuas. Ikan yang biasa dipakai untuk gangan adalah ketarap, tenggiri atau kakap.

Selain ikan, gangan sebenarnya juga bisa dibuat dengan daging rusa atau ayam. Gangan mudah ditemui di berbagai rumah makan di Belitung. Termasuk di rumah-rumah warga karena sajian ini jadi hidangan favorit warga setempat.

2. Berego
Sekilas tampilan berego seperti lontong sayur. Namun berego bukan dibuat dari beras, melainkan tepung beras dan sagu. Campuran kedua tepung ini dikukus hingga matang lalu digulung. Untuk menikmatnya, gulungan berego dipotong-potong lalu disiram kuah santan atau kuah kari ikan. Makin enak ditambahkan sambal merah yang pedas.

 

 

3. Kekian
Camilan khas Belitung Timur ini dibuat dari campuran ayam, udang atau ikan sehingga rasanya gurih mantap. Bahan lainnya berupa bawang, tepung kanji, dan kulit tahu untuk membungkusnya. Selain jadi camilan, kekian juga bisa dijadikan lauk hidangan utama.

 

 

 

4. Mie Belitung
Main ke Belitung Timur belum lengkap tanpa mencicip mie Belitung. Mie kuning dibalut kuah kaldu kental lalu diberi aneka topping. Mulai dari tauge, cincangan mentimun, udang basah kupas, bawang goreng, tahu goreng dan kentang rebus. Pelengkapnya berupa keripik atau emping. Mie Belitung banyak dijajakan di restoran-restoran masakan China.

 

 

5. Nasi Daun Simpor
Di Belitung, Anda akan mudah menemui makanan berbalut daun simpor. Daun ini berukuran besar, berasal dari pohon yang banyak tumbuh di hutan-hutan Belitung. Ada yang menyajikan nasi daun simpor berikut lauknya sehingga mirip nasi bungkus. Lauknya bisa berupa ayam atau ikan. Selain nasi, ikan juga bisa dibungkus daun simpor.

 

 

6. Kopi
Belitung Timur memang bukan daerah penghasil kopi, tapi di sini budaya minum kopi begitu kuat. Banyak warung kopi bertebaran dan dipenuhi pengunjung yang kerap menghabiskan waktu. Salah satu minuman kopi populer adalah kopi O atau kopi hitam panas. Ada juga pilihan kopi susu yang dibanderol dengan harga terjangkau.