DHP-WEB.COM | Hoax atau Bukan: Orang yang Serangan Jantung Perlu Diberi Aspirin?

Masukkan kata kunci pencarian pada kotak pencarian di atas, kemudian tekan Enter. Atau tekan Esc untuk keluar.

 

.:: COMING SOON ::.

 

Hoax atau Bukan: Orang yang Serangan Jantung Perlu Diberi Aspirin?

Salah satu kata kunci dalam menolong penderita serangan jantung adalah golden period (periode emas). Selama golden period ini, penolong harus melakukan langkah-langkah yang tepat untuk memaksimalkan keselamatan penderita.

Dr dr Antonia Anna Lukito, SpJP(K), FIHA FSCAI, FAPSIC dari Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) dan Pokja Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) menjelaskan cara-cara memberikan pertolongan pertama terhadap penderita serangan jantung.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menidurkan dan menenangkan pasien. “Kalau pasien panik dan gelisah, maka kebutuhan oksigennya semakin tinggi dan serangan jantung semakin meluas,” ujar Antonia.

Kedua, berikan aspirin untuk dikunyah. Antonia mengatakan, ini adalah salah satu berita kesehatan viral yang bukan hoax. Kalau ada orang serangan jantung dikasih aspirin kunyah, itu benar.

“Itulah mengapa aspirin harus selalu ada di rumah,” imbuhnya.

Serangan jantung adalah akibat plak yang pecah. Ketika tubuh bereaksi dan melakukan pembekuan darah, saluran pembuluh darah menjadi tersumbat dan terjadi serangan jantung.

“Aspirin itu merupakan pengencer darah, makanya kita mau mengencerkan pembekuannya dulu, bukan menghancurkan plaknya. Plak urusan kedua,” kata Antonia.

Setelah itu, Anda dapat membawa pasien ke rumah sakit terdekat yang memiliki unit gawat darurat untuk diberi penanganan lanjutan seperti pemasangan stent.

Sumber: http://sains.kompas.com/read/2017/09/28/210400123/orang-yang-serangan-jantung-perlu-diberi-aspirin-hoax-atau-bukan-