DHP-WEB.COM | 3 Profesi yang Paling Dicari Perusahaan Startup

Masukkan kata kunci pencarian pada kotak pencarian di atas, kemudian tekan Enter. Atau tekan Esc untuk keluar.

 

.:: COMING SOON ::.

 

3 Profesi yang Paling Dicari Perusahaan Startup

Sudah bukan rahasia lagi persoalan sumber daya manusia (SDM) kini memang menjadi isu penting dibalik pesatnya perkembangan perusahaan rintisan atau startup di tanah air. Bahkan persoalan ini kerap kali dianggap lebih pelik dibandingkan dengan mencari investor untuk menanamkan dananya.

Ignatius Untung, Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) membeberkan posisi apa yang paling banyak dibutuhkan oleh suatu startup. Mari simak penjelasannya:

1. Software Engineer
Suatu startup besar biasanya membutuhkan 1.000 orang software engineer. Padahal kenyataannya jumlah tenaga di bidang ini tak cukup banyak. Dalam sekali wisuda suatu perguruan tinggi belum tentu bisa menghasilkan 1.000 software engineer.

2. Product Management
Tidak ada ilmu yang khusus mempelajari hal ini. Product manager ini harus menguasai persoalan teknis teknologi sekaligus kemampuan pemasaran.

3. Analisis Data
Meski perihal analisis data bisa dipelajari dalam ilmu statistik tetapi sumber daya manusia di lingkungan startup juga dituntut berpikir kreatif. Ini yang kadang membuat sulitnya menemukan orang yang mampu menganalisis data di sektor industri kreatif.

Lantaran cukup sulit mencari SDM yang mumpuni, tak heran gaji pegawai di startup tergolong lumayan tinggi. Tak jarang demi memenuhi kebutuhan SDM para pemain banyak yang merekrut karyawan dari luar negeri dengan permintaan gaji sekitar Rp 80 – Rp 90 juta. Nah, cukup menggiurkan bukan bisa bekerja di perusahaan rintisan?!

Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/ini-profesi-yang-paling-dicari-perusahaan-startup