Masukkan kata kunci pencarian pada kotak pencarian di atas, kemudian tekan Enter. Atau tekan Esc untuk keluar.

 

.:: COMING SOON ::.

 

Bahaya! Barang-barang Ini Tidak Boleh Dekat atau Berada dalam Kulkas

Tahukah anda, dibalik fungsinya yang bermanfaat, ternyata lemari pendingin atau kulkas juga dapat menimbulkan bahaya. Dalam beberapa kasus, rumah-rumah terbakar karena adanya barang-barang yang diletakkan sembarangan di dalam maupun di atas kulkas. Apa sajakah itu?

1. Jangan letakkan minuman bersoda di freezer
Menurut Louis Bloomfield, seorang fisikawan dari Universitas of Virginia, Amerika Serikat, gas karbondioksida (CO2) memang dapat menjadi sangat berbahaya. “Saat air yang berada di dalam kaleng membeku, maka karbondioksida (CO2) akan mengumpul di satu bagian kecil yang tersisa dalam kaleng tersebut,” ujarnya. Nah, kondisi inilah yang menimbulkan tekanan besar di dalam kaleng yang akan lepas (meledak) saat kaleng tersebut pertama kali dibuka.

2. Jangan simpan es kering (dry ice) ke dalam freezer
Suhu di freezer dalam kulkas biasanya berada di bawah -30°C. Suhu ini dapat membantu proses sublimasi dari benda padat ke gas. Dalam prosesnya, jika es kering sampai tersublimasi menjadi gas, maka volumenya akan menjadi 600-800 kali lebih besar. Lingkungan yang tertutup rapat seperti kulkas akan meledak karena adanya peningkatan tekanan. Ledakan yang dihasilkan tidak hanya akan merusak kulkas, tapi juga berbahaya bagi orang-orang di sekitar.

3. Jangan letakkan kompor, rice cooker, microwave terlalu dekat dengan kulkas
Hal ini biasanya dilakukan agar anda mudah mengambil bahan makanan ketika memasak. Padahal, sebaiknya kulkas diletakkan minimal tiga meter dari kompor. Dan jangan pula meletakkan rice cooker, microwave terlalu berdekatan dengan kulkas. Apalagi sampai meletakkan kedua benda tersebut di bagian atas kulkas. Pasalnya, kulkas jadi membutuhkan energi listrik lebih banyak akibat adanya peningkatan suhu di dekatnya.

4. Jangan menyimpan daging mentah di dalam freezer
Freezer sebenarnya difungsikan untuk menyimpan makanan matang yang akan dikonsumsi dalam waktu lama. Misal, anda ingin menyimpan ayam yang sudah diungkep atau rendang lebih lama. Sementara itu, jika daging mentah disimpan dalam freezer atau rak paling atas, tetesan airnya akan mengkontaminasi makanan lain yang ada di bawahnya. Simpanlah daging dalam plastik, tutup rapat lalu letakkan di rak paling bawah. Jika Anda ingin menyimpannya dalam freezer, pastikan Anda menggunakan kulkas dua pintu.

5. Jangan menempelkan kulkas pada dinding
Usahakan ada jarak sekitar 20 cm antara kulkas dengan dinding. Gunanya agar sirkulasi udara tetap lancar karena kulkas akan melepaskan produksi panasnya. Bila kulkas terlalu menempel pada dinding, bagian belakang kulkas akan menjadi cepat panas, sehingga kulkas akan memakan energi listrik lebih besar. Selain itu, memperlancar sirkulasi udara di sekitar kulkas akan membuatnya lebih awet.

Sumber:
http://nakita.grid.id/read/0219759/moms-barang-barang-ini-tidak-boleh-dekat-kulkas-akibatnya-bisa-fatal
http://health.liputan6.com/read/443552/bahaya-menyimpan-minuman-kaleng-bersoda-dalam-freezer
https://www.health.ny.gov/publications/7081/index.htm
https://www.rumah.com/berita-properti/2016/7/130493/ini-kesalahan-paling-sering-saat-gunakan-kulkas