DHP-WEB.COM | Sembilan Fakta yang Membuat RTP Jatuh Hati Pada CN235-220M

Masukkan kata kunci pencarian pada kotak pencarian di atas, kemudian tekan Enter. Atau tekan Esc untuk keluar.

 

.:: COMING SOON ::.

 

Sembilan Fakta yang Membuat RTP Jatuh Hati Pada CN235-220M

Pemerintah Thailand melalui Ministry of Agriculture and Cooperatives (MoAC) pada tahun 1999 membeli dua unit pesawat seri CN235 desk 220 dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Kemudian, baru-baru ini pemerintah Thailand kembali membeli pesawat hasil pengembangan seri tersebut, yakni CN235-220M, untuk pasukan kepolisiannya, Royal Thai Police (RTP). Namun mengapa pemerintah Thailand begitu mempercayai produk buatan PTDI? Berikut sembilan fakta yang membuat RTP jatuh hati pada CN235-220M buatan PTDI:

  1. Pesawat CN235-220 mampu melakukan lepas landas pada landasan pacu yang pendek. Tak hanya itu, pesawat ini pun mampu dioperasionalkan pada landasan pacu yang belum beraspal.
  2. Di kelasnya, pesawat multi-guna besutan PTDI ini mampu mengangkut hingga 49 awak (termasuk pilot dan co-pilot) ketika digunakan untuk misi VIP/VVIP transport. Selain itu, pesawat multi-guna ini masih mampu menjalankan misi lainnya, yakni angkut personel, kargo, evakuasi medis hingga penerbangan kargo.
  3. Pesawat ini memiliki ramp door yang dapat difungsikan untuk mengangkut mobil ataupun mendukung giat terjun payung.
  4. CN234 desk 220M jerih payah anak bangsa ini disematkan sistem avionik terbaru dan modern serta didukung dengan full glass cockpit.
  5. Pesawat ini didukung dengan multihop capability fuel tank, sebuah teknologi yang memungkinkan pesawat untuk terbang tanpa mengisi bahan bakar ulang untuk melanjutkan ke penerbangan berikutnya.
  6. Pesawat ini pun mampu melakukan quick change configuration, didukung dengan landing gear yang dapat dilipat masuk ke dalam badan pesawat serta high wing configuration khas pesawat kargo yang memiliki daya angkat lebih besar.
  7. Pesawat buatan PTDI dianggap sesuai dengan medan dan kebutuhan pertahanan Thailand.
  8. Berdasarkan evaluasi Thai Aviation Industries (TAI), pesawat dengan kemampuan menjalankan berbagai misi dianggap lebih menguntungkan.
  9. Harga yang kompetitif serta biaya perawatan yang lebih murah tentunya menjadi faktor yang patut menjadi pertimbangan.

 

Sumber: http://angkasa.co.id/info/militer/sembilan-fakta-yang-membuat-rtp-jatuh-hati-pada-cn235-220m/